Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda

bagaimana cara memanfaatkan domain untuk bisnis online anda - jika anda ingin membangun situs internet pilihan pertama yang tepat adalah menentukan nama domain. Menurut saya domain itu penting terhadap keberadaan website anda, kenapa? Karena nama domain yang tepat bisa menentukan kesuksesan bisnis online anda.
Menentukan nama domain yang tepat adalah cara terbaik untuk memikat pelanggan terhadap produk anda dipasaran

Namun sebelum saya membahas bagaimana cara memanfaatkan domain untuk bisnis, anda harus paham dulu apa itu domain? Bagaimana cara memilih dan membuat nama domain yang tepat?

Apa itu domain?
Didalam dunia internet tidak terlepas dari istilah domain dan hosting. Menurut saya sendiri domain bisa di ibaratkan alamat dari sebuah rumah dan hosting adalah rumah untuk alamat tersebut. Jadi logikanya jika kita mau menuju ke rumah orang lain pasti kita akan menanyakan alamat rumah tersebut agar sampai tujuan. Itulah pengertian singkat domain versi saya sendiri.

Bagaimana cara memilih dan membuat nama domain yang tepat?
Simak berikut ini cara memilih nama domain yang tepat agar mewakili dari brand atau produk yang anda jual:

1. Pilihlah nama domain yang pendek dan mudah di ingat
Kenapa harus memilih domain yang pendek dan mudah di ingat ? karena agar lebih di kenali dan di ingat oleh pelanggan kita. Tapi ingat walaupun pendek tetapi harus tetap mendeskripsikan niche atau tema dari produk anda

2. Pilihlah domain yang unik
Pada saat ingin membuat domain pilihlah nama domain yang unik, mudah dikenali dan belum ada yang memakai nama tersebut. Karena nama domain yang unik juga bagus dimata google untuk keperluan SEO

3. Pilihlah ekstensi domain yang tepat dan murah.
Banyak ekstensi domain yang menggambarkan dari usaha anda misalkan .com untuk umum bisa untuk online shop dll. Ada juga .id .net .shop pilihlah sesuai kebutuhan usaha anda. Misalkan anda seorang photograper professional maka domain yang tepat menggunakan ekstensi .photography. jika anda ingin domain yang lainya bisa klik >> domain murah

Untuk pembuatan domain bisa ikuti langkah berikut ini.

- siapkan nama domain anda
- kunjungi penyedia domain murah indonesia. Disini saya memakai rumahweb.com untuk pembelian domain karena harganya sangat murah dan banyak promo
- Cek nama domain yang telah disiapkan tadi di form yang telah disediakan
- klik search
Setelah melihat hasil silahkan klik daftar domain tersebut dan ikuti perintah dari website tersebut untuk pembelian

Selanjutnya dibawah ini saya akan membahas bagaimana cara memanfaatkan domain untuk bisnis anda

Cara memanfaatkan domain untuk bisnis online anda

Berikut ini adalah 4 cara memanfaatkan domain untuk bisnis anda dari senjatechno :

1. Domain untuk membuat website.
Keberadaan domain sangat penting untuk website. Tetapi bagi pemula mungkin membuat website sangatlah sulit. Disini saya akan membagikan tips dan trik bagaimana membuat website mudah dengan memanfaatkan web builder dari rumahweb. untuk tips dan trik pembuatannya bisa kunjungi disini >> tips membuat web mudah dan cepat menggunakan web builder.

2. Domain untuk membuat e-mail professional
Dengan domain kita juga bisa membuat alamat e-mail yang khusus sesuai dengan domain kita misalkan hrd@namadomainkita.com . cara membuatnya seperti berikut:

- Pertama kita harus masuk atau login ke hosting atau cpanel
- Cari tab EMAIL klik email accounts

- Klik create lalu ikuti langkah seperti gambar dibawah ini

setelah mengikuti langkah seperti di gambar maka email berhasil dibuat. Tetapi bagi yang belum punya hosting bisa membuat email disini >> email murah.

3. Menjadikan laman social media sebagai homepage dengan memanfaatkan domain anda tanpa harus membuat website.
Dengan domain, anda bisa memanfaatkan sosial media sebagai web anda tanpa harus susah payah membuat web khusus produk anda. Dengan cara domain forwarding yaitu dimana domain anda nantinya di tujukan ke sosial media anda seperti facebook, instagram, shopee, tokopedia atau bukalapak yang sudah ter isi produk anda. Cara nya sebagai berikut:
Disini saya memakai layanan dari rumahweb sebagai provider domain murah di indonesia

- Pertama masuk ke clintarea atau clientzone dari domain anda disini saya memakai clientzone rumahweb. login ke clientzone.rumahweb.com
- Lalu klik menu domains => list domain saya
- Pilih nama domain anda dan klik active


- Klik domain forwarding

- Lalu klik aktifkan domain forwarding
- Akan muncul halaman setting domain forwarding untuk cara settingnya ikuti sesuai gambar dibawah ini

- Klik simpan atau save changes
Setelah semuah itu dilakukan maka anda sudah berhasil mengarahkan domain anda ke situs sosial media yang sudah terisi produk produk yang anda jual. Jika ada customer yang mengakses domain anda maka otomatis diarahkan ke halaman media sosial anda

4. Memanfaatkan domain untuk mengisi profile google maps suatu tempat.
Di era digital saat ini setiap orang tidak terlepas dari google maps. Jika anda mempunyai usaha di berbagai tempat maka saya sarankan untuk menambah kan tempat usaha anda di google maps agar customer atau pelanggan dapat mencari tempat itu dengan mudah dan jangan lupa isikan domain yang anda buat tadi di situs maps.

Demikian artikel yang saya buat tentang bagaimana cara memanfaatkan domain untuk bisnis online di era milenial ini. Saya ucapkan terimakasih untuk rumahweb selaku provider domain murah dan hosting unlimited murah di indonesia. Semoga bermanfaat dan apabila ada yang kurang jelas silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.

Bagaimana cara memanfaatkan domain untuk bisnis versi anda?

2 Responses to "Memanfaatkan Domain Untuk Bisnis Anda"

  1. manfaat banget gan tutornya, rencana mau beli domain di rumahweb buat bisnis, mkasih gan infonya

    BalasHapus
  2. ya semoga berkah gan,,, beli domain disitu dijamin murah gan

    BalasHapus